Senin, 14 November 2011



LANGKAH-LANGKAH DETOKSIFIKASI

KETIKA BANGUN TIDUR
(waktunya disesuaikan dengan kebiasaan Anda)

PUKUL 07.00 : AIR JERUK LEMON HANGAT
Jeruk lemon diperas dan airnya dicampurkan ke dalam air hangat dengan takaran yang diinginkan. Minuman ini dapat membantu permulaan yang baik bagi perut karena dapat membantu mendorong keluar sisa kotoran tubuh dari hari sebelumnya. (Air dingin tidak baik diminum setelah bangun tidur karena dapat mengagetkan perut dan menghasilkan gas.)

PUKUL 07.30 : LINSEED
Pilihlah di antara dua alternatif berikut:
·         Masukkan linseed organik sebanyak dua sendok teh ke dalam air matang yang telah disaring.
·         Masukkan sesendok makan linseed ke dalam secangkir air rebusan semalam sebelumnya. Minumlah cairannya saja.

PUKUL 08.00 : SARAPAN
Pilihlah jenis sarapan seperti berikut:
·         Buah-buahan, lebih baik dikonsumsi pada temperatur ruangan. Makanlah, jangan sampai merasa lapar, dan kunyahlah makanan Anda hingga lumat. Hindari konsumsi jeruk atau jus jeruk karena terlalu asam. Jika Anda memilih anggur, jangan dicampur dengan buah lainnya. Juga pilihlah jenis lainnya seperti apael, pir, pepaya, nanas, ceri, peach, plum, semangka aprikot dan berry.
·         Sup miso
·         Jus sayuran, yang terbuat dari: 1 mentimun, ¼ potong jahe (dikupas), 4 batang seledri, 100 gram kecambah, 3 tangkai peterseli, 1 wortel (dikupas).

PUKUL 09.30 : TEA BREAK (1-2 CANGKIR TEH HERBAL)
Selama masa detoksifikasi, kita akan melakukan beberapa kali tea break. Dengan meminum teh, tubuh anda tidak hanya mendapatkan nutrisi, tetapi juga penyembuhan dan penyingkiran racun. Pilihlah teh dari daftar jenis teh yang diberikan. Jangan minum teh yang mengandung kafein seperti teh hitam. Pilihlah teh jelatang, dandelion, camomile, sage, atau echinacea.

PUKUL 10.00 : WAKTUNYA MINUM JUS
Pilihlah buah yang sedang musim. Buah tersebut dapat diperas dengan juicer atau dibuat smoothies dengan blender. Jika cuaca dingin atau Anda sedang demam, Anda boleh menambahkan sedikit air dalam jus. Jika Anda merasa lapar setelah minum jus, tambahlah jus segelas lagi.

Sumber :2007. Mc Keith, Gillian. You Are What You Eat. Jakarta : Trans Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar