Senin, 14 November 2011

SEPULUH TIPS UNTUK KULIT SEHAT

Tahukah Anda bahwa kulit adalah organ tubuh yang paling besar? Kulit mewakili 16% dari total berat badan. Di samping itu, kulit juga melindungi struktur internal tubuh yang mudah rusak, serta membantu kerja usus besar, paru-paru dan ginjal dalam menyingkirkan racun. Kulit membantu mengendalikan suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat ketika tubuh terasa panas dan membesarkan pori-pori ketika tubuh terasa dingin.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk faktor keturunan, umur, iklim, polusi, diet, stres dan perubahan hormon. Ada dua faktor besar yang mempengaruhi keadaan kulit, yakni daya kerja hormon pembersih dan kecukupan mineral dan vitamin di dalam tubuh. Kedua faktor tersebut saling mempengaruhi satu sama lainnya. Berikut sepuluh tips untuk agar kulit tetap sehat:
1.      Perbanyaklah minum air putih paling tidak 6-8 gelas setiap hari. Jika cuaca panas atau setelah berolahraga, maka perlu minum yang lebih banyak lagi. Air yang cukup sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap lembab, serta untuk menyingkirkan racum melalui ginjal dan usus besar.

2.      Tambahkan lebih banyak serat ke dalam diet. Serat dapat membuat saluran pencernaan lancar, serta meningkatkan pembersihan kotoran dari dalam tubuh. Kekurangan serat dapat mengakibatkan konstipasi.

3.      Pastikan diet Anda mengandung banyak antioksidan (yang dapat memperlambat penuaan sel). Buah segar dan sayuran adalah sumber antioksidan yang alami.

4.      Kelompokkan makanan Anda. Dengan memakan protein dan karbohidrat yang berasal dari makanan yang berbeda, Anda akan mencegah terjadinya fermentasi yang merugikan dalam usus besar dan meningkatkan daya serap nutrisi ke dalam darah.

5.      Asam lemak esensial (lemak baik) sangat penting bagi kesehatan kulit. Anda dapat mengkonsumsi nya dari whole grain, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang kedelai, sayuran berdaun hijau, minyak sayur. Lemak baik juga bisa diperoleh dari ikan berminyak seperti sardin, tenggiri, dan salmon liar (bukan hasil budidaya).

6.      Pada pagi hari, mulailah dengan pembersihan kecil-kecilan dengan cara meminum segelas air putih hangat, lanjutkan dengan meminum teh jelatang atau air hangat yang dicampur perasan lemon.

7.      Hindari konsumsi alkohol dan kafein dalam jumlah besar. Keduanya hanya akan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

8.      Kurangi konsumsi garam dapaur. Kandungan natrium yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan kulit. Cobalah konsumsi biji seledri, sayuran laut, dan kecap bebas garam sebagai pengganti garam. Hindari juga makanan yang sangat pedas.

9.      Kurangi makanan yang dapat menyebabkan penyumbatan seperti daging merah, produk susu, makanan olahan, goreng-gorengan, dan makanan yang mengandung minyak atau lemak yang mengalami hidrogenasi.

10.  Oleskan madu ke bagian muka atau bagian tubuh yang lain dan biarkan selama 30 menit. Lalu, bersihkan madu dengan air hangat. Lakukan tiga kali dalam seminggu. Anda pasti akan kagum dengan melihat hasilnya. Kulit akan tampak lebih lembut, lentur, muda, dan sehat.




Sumber :2007. Mc Keith, Gillian. You Are What You Eat. Jakarta : Trans Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar